Lambang negara indonesia burung garuda atau elang jawa?

Berbicara mengenai lambang NKRI (Negara Kesatuan Republik Indoneisa), Tentunya kita harus mengenal sejarahnya terlebih dahulu artinya kita harus mengetahui simbol pertama bangsa indonesia hingga  yang di gunakan sampai saat ini.

garuda pancasila

Tentunya indonesia memiliki simbol dari burung garuda bukan elang jawa.Hal tersebut di buktikan dari lambang garuda indonesia yang pertama. yang di rancang oleh sultan hamid II dari pontianak yang masih menampilkan burung garuda tradisional bertubuh manusia yang kemudian di sempurnakan oleh persiden pertama kita Ir.Soekarno dan di resmikan pengunaannya sebagai lambang negara bangsa indonesia yang pertama ,pada saat sidang kabinet RIS (Republik Indonesia Serikat ), (tanggal 11 februari 1950).

Alasan Indonesia memilih burung garuda sebagai lambang negara, karena burung tersebut memiliki posisi  sangat mulia yang memiliki makna  Pengetahuan,kebijakan,kekuatan,keberanian,kesetiaan dan disiplin,Burung garuda muncul dalam beberapa kisah salah satunya di percaya sebagai kendaraan dewa wisnu yang juga memiliki sifat wisnu sebagai pemelihara dan pelindung alam semesta.Di dalam tradisi bali burung garuda di muliakan sebagai Tuan segala mahluk yang dapat terbang atau raja segala burung. Dalam tradisi indonesia sejak zaman kuno burung garuda sudah di jadikan sebagai simbol nasional bangsa Indonesia .Yang menggambarkan bahwa bangsa indonesia adalah bangsa yang besar dan kuat.

Garuda pancasila dengan semboyan (BHINEKA TUNGGAL IKA) tentunya memiliki arti tersendiri sebagai bangsa indonesia ,di bawah ini adalah penjelasan singkat dari simbol negara kita Indonesia :


  • Garuda (Penopang tunggal).
  • Di bagian tengah garuda melambangkan pancasila, sebagai idiologi nasional indonesia.
  • BHINEKA TUNGGAL IKA , yang mempunyai arti ( Berbeda-beda tetapi tetap satu ).
  • Jumlah bulu burung garuda menandakan hari kemerdekaan Republik Indonesia (17 Agustus 1945).


Dari zaman ke zaman garuda sebagai lambang negara indonesia terus di perbarui dan di sempurnakan bentuknya sampai akhirnya berbentuk seperti sekarang yang  di gunakan sebagai lambang negara,contohnya paspor indoneisa dan dokumen resmi kenegaraan.
Setelah akhir dari bentuk penyempurnaan tersebut sekarang muncul dari beberapa sumber yang ada di media sosial atau dunia internet,bahwasannya burung garuda itu ada di indonesia bukan hanya mitos kuno hindu,tetapi untuk kebenaarannya belum tentu terbukti ,hanya saja  dari segi fisiknya di miripkan dengan burung (Elang jawa ).


elang jawa

Coba lihat gambar di atas sekilas burung elang jawa ini sangat mirip sekali dengan garuda pancasila,kuncinya terdapat pada jambulnya.Tetapi sayang di indonesia sendiri burung yang identik dengan burung garuda tersebut  sangat langka dan salah satu burung yang di lindungi.
Kita sendiri khususnya warga negara indonesia harus pintar menilai jangan asal mengclaim bahwa burung elang jawa itu adalah garuda pancasila atau simbol negara kita,Anda tahu sendiri indonesia itu kaya akan budaya dan budaya indonesia itu di dominasi oleh mitologi hindu, karena sebelum islam masuk ke indonesia pun agama hindu sudah masuk duluan dan berkembang di negara indonesia.Hal tersebut di buktikan dalam cerita pewayangan,perjalanan politik serta banyak peninggalan-peninggalan candi-candi dan arca bahkan terbesar di asia.

Jadi intinya garuda adalah lambang negara indonesia,garuda bukan elang jawa,akan tetapi garuda hanya di miripkan dengan elang jawa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »