5 Negara dengan simbol burung elang

Kalau indonesia memiliki simbol negaranya yaitu burung garuda, berbeda dengan  kelima negara tersebut yang menyimbolkan burung elang sebagai simbol negaranya,konon burung elang memiliki makna  kedudukan yang tinggi dan semangat percaya diri yang terus berkobar seperti sinar matahari yang terus menerangi bumi .mungkin itu adalah salah satu alasan burung elang di jadikan simbol oleh beberapa negara.Uniknya pada kesempatan kali ini blog Dunia flora dan fauna  telah menyediakan 5 negara yang menggunkan burung elang sebagai simbol negaranya,banyak negara yang menggunakan burung sebagai simbol negaranya akan tetapi kami hanya membahas seputar burung elang dan spesies elang apa saja yang di jadikan sebagai simbol ke 5 negara tersebut.

1.  Negara Jerman 

Jerman adalah negara bagian eropa yang menggunakan elang hitam sebagai simbol negaranya, dengan ciri paruh dan cakar berwarna merah, di atas latar berbentuk perisai berwarna kuning emas.

simbol Negara Jerman

Sejak zaman Kekaisaran Romawi dan Kekaisaran Byzantium lambang elang di kenal sebagai sesosok makhluk yang sangat di hormati serta melambangkan sifat tak dapat di kalahkan. Di kemudian hari, lambang itu di kekaisarannya sebut cf. adler, dan untuk di jerman disebut nama Reichsadler, digunakan di Jerman mungkin sejak pada zamannya Charlemagne 742–814. Kurang lebih sekitar tahun 1200 lambang elang hitam digunakan sebagai lambang kekaisaran Jerman.

2. Negara Polandia

Polandia adalah negara yang mirip dengan NKRI ( Negara kesatuan republik indonesia) dari segi bendera, hal itu jelas terlihat dari warna putih di atas dan merah di bawahnya, kebalikan dari warna bendera indonesia,ternyata tidak hanya dari segi warna bendera saja akan tetapi kedua negara tesebut memiliki simbol kenegaraan yang sama-sama menggunakan burung namun berbeda jenisnya, kalau indonesia dengan simbol burung garuda dan polandia dengan simbol  burung elang putih.Sungguh kebetulan yang sangat luar biasa.

simbol Negara Polandia

Polandia menjadikan elang putih sebagai lambang negaranya dengan latar belakang prisai berwarna merah, Elang ini bermahkota yang memiliki cakar dan paruh berwarna emas. Di negara polandia sendiri, lambang tersebut dinamakan  Elang Putih atau Orzeł Biały, yang di tuliskan menggunakan huruf besar.

3. Negara Mexico

mexico merupakan negara yang memiliki simbol burung elang emas, lambang tersebut menggambarkan elang emas yang sedang hinggap di atas pohon kaktus sambil memakan ular. oleh rakyat Tenochtitlan lambang tersebut di percaya memiliki makna keagamaan yang begitu dalam, akan tetapi bagi warga Eropa sendiri lambang ini bermakna kemenangan kebenaran atas kejahatan.

simbol Negara Mexico

Lambang negara Meksiko adalah simbol penting bagi politik dan budaya Meksiko sejak berabad-abad lamanya, Lambang ini juga digunakan sebagai lencana Negara-negara bagian Meksiko bersatu, versi yang telah dimodifikasi menjadi lambang pemerintah federal.

4. Negara Mesir

Mesir memiliki lambang negara dengan burung elang emas sama halnya dengan negara mexico yang menggunakan simbol burung elang mas akan tetapi dari segi penggambaran dan artinya yang berbeda.Elang emas di mesir di juluki elang salahuddin, dengan cakar tengah menggenggam pita bertuliskan nama resmi negara Mesir dalam Bahasa Arab: جمهورية مصر العربية, (Jumhūriyyat Miṣr al-ʿArabiyyah,) yang berarti Republik Arab Mesir.

simbol Negara Mesir

Elang ini mengenakan perisai di dadanya yang  memiliki warna merah, putih serta hitam, warna tersebut merupakan warna bendera mesir, akan tetapi di susunan secara vertikal, sedangkan dalam bendera mesir sendiri warnanya disusun dalam segi horizontal. akan tetapi jika lambang elang tersebut muncul di atas bendera mesir, maka warna seluruhnya adalah emas dan putih.

5.Negara Irak

Lambang negara Irak adalah seekor elang emas sama seperti negara mesir cuma perbedaanya kalau negara mesir dengan perpaduan warna emas dan putih tetapi kalau negara irak dengan perpaduan warna emas dan hitam, sama-sama di juluki elang salahuddin karena di arab simbol tersebut digunakan sebagai simbol gerakan nasionalisme (persatuan Arab).

simbol Negara Irak

Pada awal abad ke-20. Elang ini memakai perisai warna bendera Irak yang cakarnya menggenggam gulungan yang bertuliskan dalam bahasa Arab : الجمهورية العراقية (al-Jumhuriya al-`Iraqiya), yang berarti ("Republik Irak").

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »