5 Burung kicawan termahal dan terpopuler di indonesia

Menurut informasi terkini yang kami peroleh dari sekian burung yang ada di indonesia  kami menyiapkan 5 ekor burung kicawan yang menarik untuk di bahas karena di indoneisa khususnya wilayah kepulawan jawa burung tersebut adalah burung termahal dan yang  terpouler masa kini.

1. Burung Cucak Rawa

Burung Cucak Rawa adalah jenis burung pengicau yang banyak di gemari oleh para pecinta burung ,di indonesia sendiri banyak ragam untuk panggilan burung tersebut mulai dari bahasa jawa di sebut burung (cucak rowo),dalam bahasa sunda biasa di sebut (cangkurawah),  dan dalam bahasa melayu di sebut burung (baru-baru) ,cucak rawa memiliki nama ilmiyah yaitu (Pycnonotus zeylanicus),adapun ciri khas dari burung  tersebut memiliki warna kuning jerami pucat di kepalanya sehingga mudah untuk membedakan dengan jenis burung cucak lainnya.

Burung Cucak Rawa


Kenapa burung ini di namakan burung cucak rawa?,karena pada dasarnya burung tersebut bertempat tinggal di rawa-rawa di sekitar sungai dan tepi hutan,biasnya cucak rawa sering terdengar di balik dedaunan dengan suara yang khas siulan jernih,lantang dan merdu,di alam makanan burung cuca rawa adalah serangga,siput air dan buah-buahan yang lunak seperti jenis buah beringin.

Adapun penyebaran burung cucak rawa  di indonesia menyebar di wilayah sumatera,kalimantan, dan jawa  bagian barat ,di jawa sendiri sayangnya burung dengan khas suara yang lantang dan merdu ini teranjam punah di sebabkan pemburuan oleh manusia.karena burung tersebut mempunyai nilai harga yang cukup fanastik berkisar Rp.5.000.000 - Rp.10.000.000. per ekornya tergantung dari jenis ,usia burung ,dan suaranya yang merdu.

2.  Burung Murai Batu

Burung murai batu adalah jenis burung kicawan yang banyak di gemari oleh pecinta kicauan burung,karena kicawannya yang sangat indah burung tersebut  mendapatkan penghargaan pada tahun 1947 (The Best Song Birds – Delacour, 1947), murai batu termasuk dalam golongan Muscicapidae atau sejenis burung cacing.

Burung Murai Batu

Penyebarannya tersebar di pulau sumtera,smenanjung malaysia dan sebagian jawa ,akan tetapi yang di percayai paling bagus kicawannya adalah burung murai batu dari lampung,medan dan aceh.burung murai batu saat ini termasuk dalam kategori burung yang teranjam punah karena sering di buru oleh manusia.

Burung murai batu Memiliki warna hampir seluruh tubuhnya hitam, kecuali bagian bawah badan berwarna merah cerah hingga jingga kusam. Terdapat sedikit warna biru di ujung atas kepala. Ekor panjang ditegakkan dalam keadaan terkejut atau berkicau. Badan berukuran 14-17 cm.karena bulu-bulunya yang cantik dan kicawannya yang merdu burung tersebut memiliki harga yang terbilang mahal mulai dari RP.600.000 Hingga Rp.7.000.000 per ekornya, tergantung dari segi jenisnya.

3.Burung Kacer

Burung kacer memiliki nama lain kucica kampung yang termasuk dalam anggota Muscicapidae yang mempunyai nama latin Copsychus saularis, termasuk dalam kelomok burung kicau yang mempunyai warna hitam putih dan memiliki ekor yang panjang, Burung ini suka menjelajahi lingkungan dengan kecepatan yang mengungguli burung murai batu.

Burung Kacer

Burung ini menyebar di jawa tengah dan jawa timur,burung kacer  terbilang burung yang sngat aktif mencari makanannya  mulai dari pohon kelapa,randu,pisang,ranting pohon kering dan memakan serangga kecil juga seperti telor semut,harga burung kace angat bervariasi mulai dari Rp.400.000-Rp.2.000.000. tergantung dari seberapa sering burung tersebut berkicau.  

4. Burung Kenari

Burung kenari adalah burung yang mempunyai banyak jenis antara lain Kenari Yorkshire,Kenari Norwich,Kenari Gloster,Kenari Border,Kenari Roller dan Kenari Crest yang mempunyai ciri khas yang berbeda-beda dari segi warna dan ukuran burung,kenari pertama kali di temukan oleh Pelaut Perancis Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary pada abad ke-15.Di habitat aslinya burung kenari suka memakan buah-buahan , sayuran yang segar serta biji-bijian kecil.

Burung Kenari

Burung kenari adalah salah satu burung yang banyak di budidayakan karena perawatannya yang mudah dan banyak di gemari oleh para pecinta burung untuk mendapatkan nilai rupiyah yang sangat menggiurkan biasanya burung kenari di jual hingga Rp.250.000. - Rp.10.000.000. per ekor,tergantung dari jenis kenari tersebut.

5. Burung Kacamata

Burung kacamata adalah burung kicawan yang banyak di gemari oleh para pecinta kicawan burung yang trend pada saat ini, siapa yang tidak kenal dengan burung yang satu ini yang mempunyai nama lain burung pleci,burung ini terbilang sangat unik sesuai namanya burung kaca mata, yang memiliki ciri khas di kelopak matanya yang berwarna putih menyerupai kaca mata dan hampir seluruh tubuhnya berwarna hijau kelabu. Semua anggotanya senang berkelompok, terbang dalam kawanan. Dalam musim kawin, mereka membangun sarang di pohon dengan telur biru pucat 2-4 butir.

Burung Kacamata

Wilayah penyebaran burung pleci di indonesia mulai dari pulu jawa dan sumatera,burung pleci memiliki beragam jenis antara lain pleci mata coklat,pleci mata putih,pleci arivnter,pleci montanus,pleci black capped,pleci buxtoni dan pleci savaldori enggano.Makanan favorit burung pleci adalah serangga,buah-buah kecil serta nektar.Adapun harga burung pleci sangat beragam mulai dari Rp.150.000, - Rp.800.000, per ekornya. Tergantung dari jenis dan kicawannya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »