Burung beracun di negeri kita indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan yang kaya akan alamnya,hampir seluruh flora dan fauna di temukan di negri kita tercinta indonesia,tidak hanya kaya akan alamnya tetapi kaya akan budayanya maka dari itulah banyak sekali negri di luar sana yang iri akan kekayaan indonesia.

Baiklah untuk kesempatan kali ini Blog Dunia flora dan fauna akan berbagi tentang jenis burung beracun yang di temukan di negara kita indonesia.

1. Pitohui

Pitohui adalah burung yang di temukan di wilayah indonesia timur yaitu tanah papua,sebenarnya burung tersebut memiliki suara yang sangat merdu dan mempunyai warna yang sangat cantik sehingga ketika orang pertama melihatnya mungkin akan jatuh cinta kepadanya, pitohui juga memiliki 6 spesies,tetapi sayang  burung cantik mungil tersebut ke enam-enamnya mempunyai racun semua.

Burung pitohui

pitohui memiliki perpaduan dua warna dasar di tubuhnya  yaitu warna hitam dan warna orange ke tua tauaan,warna hitam mulai dari kepala,sayap,ekor,paruh serta kakinya.sedangkan untuk warna orange terdapat pada dada,serta punggungnya seperti yang terlihat pada gambar di atas,pitohui memiliki racun pada bagian bulu dan sekitar kulitnya.

pitohui memiliki racun yang sangat berbahaya karena racunnya bisa menyerang jaringan otak nama racunnya biasa di sebut (homobatrachotoxin) yang mempunyai efek kesemutan,mati rasa,efek seriusnya  bisa menyebabkan kelumpuhan dan kematian,akan terjadi efek yang serius apabila sering bersentuhan dengan racun tersebut.

2. Little shrikethrush

Little shrikethrush yang mempunyai  nama lain rufous shrikethrush adalah burung yang termasuk dalam anggota keluarga  Colluricinclidae,burung ini di temukan di negara indonesia,australia dan papua nugini racun burung ini memiliki karakter yang sama dengan burung pitohui yang memiliki racun di bagian bulu dan sekitar kulitnya.

Little shrikethrush

Burung tersebut memiliki perpaduan warna coklat,abu-abu,putih dan hitam,yang bisa di lihat seperti gambar di atas.

3. Ifrita Kowaldi

Ifrita Kowaldi adalah salah satu burung pemakan serangga yang di temukan di wilayah indonesia bagian timur,australia dan juga papua nugini. seperti  burung pitohui dan juga burung Little shrikethrush, burung yang satu ini juga memiliki racun yang sama seperti kedua burung tersebut yang memiliki racun di sekitar bulu-bulu dan kulitnya.

Ifrita Kowaldi

Ciri yang mudah di kenali dalam burung ifrita kowaldi kuncinya  terdapat pada jambulnya yang berwarna biru dan hitam,burung ini memiliki warna yang sama dengan burung Little shrikethrush akan tetapi pada burung ini memiliki jambul yang berwarna biru dan hitam,seperti contohnya pada gambar di atas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »