5 Spesies burung di dunia yang dapat menyelam dengan baik

Masih seputar dunia burung,pada dasarnya burung di ciptakan dengan kedua sayap sehingga ia dapat terbang di udara bebas akan tetapi  tidak semua hewan ataupun burung yang mempunyai sayap itu bisa terbang dengan baik bahkan sama sekali tidak bisa terbang,contoh salah satunya pinguin,pinguin adalah termasuk dalam kategori burung yang tidak dapat terbang melainkan pinguin di berikan kedua sayapnya untuk berenang.
Oleh karena itu kami telah menyediakan artikel yang  menarik untuk kita baca bersama,kali ini Blog DUNIA flora&fauna akan membahas tentang 5 sepesies burung yang bisa terbang di udara bebas dan juga bisa menyelam dengan handal di dalam air/lautan,Mari kita simak bersama-sama.

1. Burung Loon

Burung loon adalah salah satu penerbang yang bisa menyelam di dalam air,burung loon tersebar di wilayah Amerika Utara dan selatan Eurasia, loon merupakan kelompok akuatik loon berukuran sebesar bebek ataupun angsa kecil ia memiliki warna bulu putih dan hitam, dengan warna abu-abu pada kepala dan leher pada beberapa spesiesnya,sehingga burung loon sangat mirip dengan bebek ketika ia berenang.

Burung Loon

Loon memiliki sebutan nama lain di inggris yaitu Diver sebutan tersbut datang dari kebiasaan burung yang menangkap ikan secara berenang dengan tenang di permukaan lalu menyelam masuk ke air. Untuk sebutan loon sendiri di amerika karna suara burung loon yang tinggi.

Loon merupakan peenerbang yang baik dan juga perenang yang baik,loon berenang Menggunakan kaki mereka untuk mendayung dan sayap sebagai bantuan dalam gerakan mereka,makanan utamanya ikan, amfibi, dan crustacea. Secara khusus mereka memakan siput, lobster air tawar,katak,dan lintah. Mereka lebih memilih danau yang jernih sehingga memudahkan mereka melihat ke bawah air untuk mencari mangsa.

2. Burung Grebe

Grebe adalah  burung yang tersebar di wilayah amerika utara,amerika selatan dan eurasia,burung tersebut  termasuk  dalam kelompok ordo Podicipediformes,jenis burung yang tersebar di banyak perairan air tawar namun sesekali mengunjungi  laut bila ia sedang bermigrasi di musim dingin, grebe mempunyai 22 di antaranya ada sepesies yang hanya dapat terbang rendah akan tetapi 2 spesies di amerika selatan tidak dapat terbang sama sekali.

Burung Grebe

Grebe merupakan burung perenang dan penyelam yang handal karena grebe memiliki bulu yang tidak biasa, sangat padat serta tahan air. Sesekali merekapun berenang rendah  hanya terlihat kepala dan lehernya saja seperti bebek.

grebe mepunyai warna coklat gelap dan putih. Ketika musim kawin, mereka mempunyai tanda berupa mirip chestnut di kepala mereka, ,makanan burung grebe ketika masih kecil dia di kasih bulu-bulu halus dari induknya kegiatan tersebut di percaya untuk meningkatkan ketahanan tubuh mereka terhadap parasit lambung,untuk grebe yang sudah dewasa menu utamanya adalah ikan.

3. Burung Pecuk/Kormoran

Pecuk adalah burung laut yang biasa di sebut kormoran, adalah sebutan untuk burung yang termasuk dalam anggota suku Phalacrocoracidae, Pecuk dapat ditemukan di berbagai belahan dunia kecuali di kepulauan tengah-tengah Samudra Pasifik.Pecuk mempunyai ukuran yang bervariasi mulai dari 45 cm dengan berat 340 gram (pecuk kerdil, Phalacrororax pygmaeus)  yang berukuran sampai 1 meter dan beratnya mencapai 5 kg (kormoran galapagos, Phalacrocorax harrisi). Sejenis pecuk yang punah baru ini yaitu kormoran kacamata Phalacrocorax perspicillatus yang memiliki massa 6,3 kg. Mayoritas pecuk memiliki bulu berwarna gelap.

Burung Pecuk/Kormoran

Semua spesies pecuk  pemakan ikan, belut kecil, bahkan ular laut,pecuk menangkap mangsanya dengan cara menyelam ke dalam air bahkan beberapa spesiesnya di temukan mampu menyelam hingga kedalaman 45 meter.

4. Burung guillemot

guillemot adalah penerbang dan penyelam yang handal burung tersebut di temukan di wilayah Amerika,Eropa barat sampai selatan.di habitat aslinya mereka tinggal di pantai berbatu, tebing, dan pulau-pulau di pantai Atlantik. Guillemot mempunyi ciri tubuh hitam dengan potongan sayap putih, paruh gelap tipis dan warna kaki merah.

Burung guillemot

Burung guillmot hidup berkelompok mereka biasa berburu makanannya dengan meyelam ke dalam air,adapun menu makanan favorit mereka adalah hewan-hewan laut seperti ikan,cumi dll.

5. Burung Gannet

Gannet adalah burung laut yang mempunyai warna putih dan ujung sayapnya berwarna hitam.Paruh kebiru-biruan muda.Mata biru muda,serta dikelilingi kulit tanpa bulu yang berwarna hitam. Saat musim berkembangbiak, kepala dan leher bertabur warna kuning lembut.Mereka berkembang biak di wiayah atlantik utara.

Burung Gannet

Di habitat aslinya biasanya mereka bersarang di koloni besar, di tebing yang menghadap ke laut di sekitar pulau-pulau  berbatu kecil, Saat mencari mangsanya ia dapat menyelam dengan kecepatan tinggi, menukik dari atas hingga ke dalam laut dari ketinggian  sekitar 10 - 40 meter, dengan tubuh lurus dan kaku, sayap tegak lurus menempel dekat dengan tubuh hingga ke punggung, bisa di ibaratkan seperti panah yang sedang meluncur.

Sebelum mencapai ke air burung Gannet mempunyai kecepatan hingga 100 km per jam, yang bisa menembus dalam air sampai kedalaman 3 - 5 meter, dan terkadang mereka berenang sampai kedalaman 12 - 15 meter dari permukaan air. Jika ia berhasil menyelam, Gannet akan langsung menelan ikan/mangsanya di bawah air sebelum ia kembali naik ke permukaan, dan iapun tidak pernah terbang dengan membawa hasil tangkapan di paruhnya.

Gannet tidak hanya handal dalam penerbangannya tetapi ia merupakan salah satu burung dengan penyelaman tercepat saat mencari mangsanya sungguh ciptaan tuhan yang sangat luar biasa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »